PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK (TK)


5 Cara Mengajar Anak TK

Nah, bagi Anda yang berperan sebagai pendidik atau orang tua, berikut beberapa cara mengajar anak TK secara efektif dan optimal.

1. Optimalkan Aktivitas Berbahasa Lisan
Dikutip dari maitlandmontessori.org, ada beberapa cara terbaik untuk mengajar anak usia 3 hingga 6 tahun. Salah satu di antaranya adalah memaksimalkan aktivitas berbahasa secara lisan atau berbicara dengan kosa kata yang diketahuinya. Bahasa lisan dianggap sebagai fondasi atas semua ekspresi berbahasa anak pada kemudian hari.


Sebaiknya, pada usia ini, anak didorong untuk lebih banyak berbicara dengan teman sebaya. Ketika ia mendengar orang lain menggunakan kata-kata tersebut, ia pun akan belajar lebih banyak. Selanjutnya, anak dapat melangkah ke titik berikutnya yaitu membaca.

2. Gunakan Seni sebagai Ekspresi Diri
Pada konsep pendidikan Montessori, seni bukanlah sebuah mata pelajaran. Seni justru merupakan bagian dari ekspresi diri yang melengkapi kegiatan eksplorasi anak. Materi tentang musik dan seni sebaiknya diikutsertakan dalam materi pelajaran dan lingkungan belajar anak. Dengan demikian, seni dan musik menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan sehari-hari anak pada usia TK.

3. Ajarkan Keahlian dalam Menjalani Kehidupan Sehari-hari
Biasanya, anak-anak balita dan usia prasekolah senang meniru kebiasaan orang dewasa serta ingin ikut serta dalam kegiatan sehari-hari. Ini bukan hal yang negatif. Bahkan, anak harus diberikan kesempatan untuk mempelajari keahlian-keahlian tersebut agar kelak ia bisa menjalani kehidupan dengan baik.

Beberapa contohnya adalah menyapu, memoles, menuangkan cairan, menggosok, dan membersihkan. Tidak perlu menuntut anak untuk melakukannya dengan sempurna, cukup berikan ia penghargaan sederhana saat berhasil menyelesaikannya. Kecepatan juga bukan nilai utama, tetapi lebih pada usaha dan niatnya. Mengajarkan anak keahlian-keahlian dasar ini akan memantik anak supaya semakin mandiri dan percaya diri.

4. Maksimalkan Kemampuan Sensorinya
Salah satu hal yang perlu dimaksimalkan pada anak adalah kemampuan sensorinya. Perlu disadari, dunia ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari warna, bentuk, ukuran, suara, rasa, dan bau. Memiliki pengalaman dengan semua jenis tersebut akan melatih kreativitas anak pada masa depan.

Oleh karena itu, pendidik perlu memilih atau menyiapkan beberapa bahan tertentu yang mencakup seluruh informasi tersebut. Dengan mempelajari hal ini, anak akan terlatih mengklasifikasi dan memahami dunia di sekitarnya.


5. Menghitung Benda-benda Konkret
Cara mengajar anak TK untuk berhitung adalah dengan menggunakan benda-benda konkret, seperti roti yang ia makan, binatang yang ia lihat, atau anggota tubuhnya.

Pada usia prasekolah, anak sebenarnya sudah memiliki insting untuk menghitung. Biasanya, anak akan menghitung apa saja yang ada di sekitarnya. Nah, jadikan hal ini sebagai cara untuk mengajar anak dengan baik.

Selain peran guru di sekolah, orang tua juga perlu ikut mendampingi anak ketika belajar. Dengan demikian, pendidikan yang diterimanya di sekolah semakin sempurna. Dukungan orang tua lainnya adalah dalam bentuk memberikan makanan yang bernutrisi kepada anak.

Selain makanan yang disantap sehari-hari, orang tua juga perlu menambahkan Bio Strath sebagai suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh anak, membantu perkembangan otaknya, serta meningkatkan konsentrasinya saat belajar.

Halaman Berikutnya : Materi & Bahan Ajar TK 

Postingan Populer

Theme Editor by : Wiwin Santoso © All Rights Reserved
Batangmuar.Ltd +62838-9566-0803